Rupiah Baru Mulai Beredar, Begini Cara BEdakan yang Palsu dan Asli

pikiran-rakyat.com

pikiran-rakyat.com

Rupiah dalam wajah baru yang sudah dirilis pada akhir tahun 2016, sudah beredar luas di masyarakat. Pecahan uang baru yang yang dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) ini, dianggap mampu mengurangi tingkat peredaran uang palsu. Bank Indonesia mengklaim uang rupiah baru akan sulit dipalsukan karena memiliki enam kelebihan pada desainnya.

Selain itu, menurut Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI Suhaedi, uang baru ini diklaim menjadi salah satu mata uang dengan sistem pengaman tertinggi di dunia sehingga sangat sulit dipalsukan. Rupiah juga dilengkapi sistem pengamanan tiga level, diantaranya:
  • Level 1 (terbuka/covered) dimana unsur pengaman bisa dideteksi tanpa bantuan alat alias dengan mata telanjang. Biasanya kita mengenal dengan istilah 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).
  • Level 2 (semi tertutup/semi covered) dimana unsur pengaman bisa dideteksi memakai alat yang sederhana, seperti kaca pembesar (lup) dan lampu ultraviolet (UV).
  • Level 3 (tertutup/covered) dimana unsur pengaman hanya bisa dideteksi menggunakan mesin sortasi yang dimiliki oleh Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Dari keterangan BI, uang desain baru tersebut dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu. Pengaman ini terdiri dari color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso.

Mata Uang Rupiah Baru Mulai Beredar, Ini Cara Membedakannya Dengan Yang Palsu

Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal.

Mata Uang Rupiah Baru Mulai Beredar, Ini Cara Membedakannya Dengan Yang Palsu

Sedangkan dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang.

Mata Uang Rupiah Baru Mulai Beredar, Ini Cara Membedakannya Dengan Yang Palsu

Sementara dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

Tak hanya itu, desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

Mata Uang Rupiah Baru Mulai Beredar, Ini Cara Membedakannya Dengan Yang Palsu

sumber: sisidunia.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s