Trump Menang, Pemilu AS Sudah Demokratis?

google.co.id

google.co.id

Walaupun dinyatakan memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat ke-45, namun kenapa banyak masyarakat amerika menyatakan kekesalan mereka? Bahkan di beberapa media sosial pun bermunculan meme yang mengekspresikan kekecewaan terhadap terpilihnya Trump sebagai presiden yang baru.

Ternyata hal ini disebabkan oleh proses pemilihan Presiden di Amerika Serikat yang menggunakan sistem Electoral Collage. Electoral College bukanlah lembaga, melainkan proses. Itu berkaitan juga dengan jumlah penduduk di negara bagian-negara bagian yang memang lebih banyak dari negara bagian-negara bagian yang lain.

Sistem ini menerapkap elector yang jumlahnya 538, mewakili 50 negara bagian di AS. Proses elector memilih presiden AS. Namun suara elektoral dan elector sama sekali bukan suara 538 anggota Kongres Amerika Serikat, karena para elector bukan senator atau anggota DPR AS, melainkan orang-orang yang mendapatkan mandat dari partainya masing-masing.

Sehingga calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump harus mendapatkan paling sedikit 270 suara elektoral dari 538 suara elektroral seperti terlihat pada daftar di bawah.

sumber: http://www.jurnas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s