Mengorek Keunggulan Ponsel Pintar Google Pixel

Setelah kabar Google akan meluncurkan ponsel pintar saingan Apple dan Samsung tersiar sejak lama. Akhirnya perusahaan mesin pencari ini telah resmi merilis smartphone super canggih pengganti Nexus dengan sebutan Pixel. Kedatangan smartphone Pixel by Google ini sekaligus menjadi akhir dari seri Nexus.

Meskipun dibuat oleh HTC, namun Google benar-benar membuat sendiri desainnya. Google pun menyebutnya sebagai phone by Google. Kedua smartphone ini memang terbuat dari bodi metal alumunium. Menariknya, bagian belakang setengahnya terlapisi kaca. Selain kamera, di cover belakang juga ada sensor sidik jari yang bernama Pixel Imprint.

Mengikuti tren saat ini, Google hadir dalam dua ukuran layar yakni Pixel dengan 5 inci Full HD dan Pixel XL 5,5 inci Quad HD. Pixel dari Google ini menggunakan chipset terkuat dari Qualcomm yakni Snapdragon 821 dengan RAM 4GB. Google juga mengklaim bahwa kamera smartphone Pixel disebut terbaik yang pernah ada.

Berikut ini kami sajikan 10 keunggulan Google Pixel yang kami kutip dari jalantikus.com, yang akan memberi alasan mengapa kamu harus memiliki flagship canggih yang satu ini.

1. Google Assistant

Seperti Google Allo, duo smartphone Pixel juga dilengkapi sebuah asisten digital kecerdasan buatan yakni Google Assistant yang bisa dibilang setingkat lebih pintar dari Google Now. Nantinya pengembang pihak ke-3 dan produsen dapat mengintegrasikan Google Assistant dalam produk mereka sendiri. Jadi, dapat digunakan di mana saja dan pada aplikasi apa saja. SDK Google Assistant untuk pengembang dan bisnis akan dirilis pada tahun 2017.

2. Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Google Pixel dibekali sensor 12 megapiksel dengan ukuran piksel 1,55 mikron dan diafragma F/2.0. Menariknya, desain lensa kamera Pixel tidak menonjol. Meski begitu, Google mengklaim bahwa kamera Pixel adalah yang terbaik dalam smartphone, bahkan disebut mendapat skor 89 di pengujian DxOMark. Angka ini merupakan skor tertinggi yang pernah dicetak oleh kamera smartphone.

3. Penyimpanan Tak Terbatas untuk Foto dan Video

Pixel by Google disebut punya kamera terbaik dan kamu juga nggak perlu khawatir bakal kehabisan ruang penyimpanan ponsel. Pasalnya, Google menawarkan penyimpanan berbasis cloud unlimited untuk foto dan video tanpa batasan resolusi termasuk video 4K.

4. Android 7.1 Nougat dan Pixel Launcher

Pixel phone langsung menjalankan Android versi terbaru yakni 7.1 Nougat yang lebih kaya fitur. Sebut saja Night Light yang serupa dengan fitur Night Shift milik Apple, dukungan Daydream VR, gesture untuk sensor fingerprint, perbaikan untuk mendukung para developer, dan lainnya. Oh iya, ponsel Pixel juga dibekali dengan antarmuka baru yang sangat cantik.

5. Stock Google Experience

Bagaimana pun, Pixel adalah penerus Nexus. Nah, sebagai smartphone besutan Google, pengguna Pixel juga bakal merasakan pengalaman menggunakan Android murni yang bebas dari bermacam bloatware yang biasanya dibenamkan oleh para pabrikan smartphone sebagai pembeda.

6. Hadir Dengan Chipset Terkuat

Pixel by Google adalah smartphone dengan chipset Qualcomm terkuat saat ini yakni Snapdragon 821 yang memiliki performa 10 persen lebih ngebut dan lebih efisien dari Snapdragon 820. Ponsel Pixel pun bergabung dengan ASUS Zenfone 3 Deluxe dan Xiaomi Mi 5s.

7. Google Day Dream

Platform Virtual Reality Google bernama Daydream akhirnya terwujud dalam sebuah perangkat, dan bukan sekadar konsep lagi. Perangkat yang bernama Daydream View ini merupakan sebuah headset layaknya Cardboard atau Gear VR. Bedanya, Daydream View ini hanya bisa dipasangkan dengan ponsel yang mendukung platform Daydream dan saat ini baru kompatibel di Pixel dan Pixel XL.

8. Google Pixel, Smartphone Flagship yang Sesungguhnya

Sebelumnya, smartphone Nexus besutan Google dikenal sebagai HP flagship dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, dengan spesifikasi setara dengan ponsel flagship lain, Nexus dibanderol lebih murah. Tapi hal itu tidak terjadi pada Google Pixel dan Pixel XL yang dibanderol dengan harga semahal iPhone 7 maupun Galaxy S7. Wajar sih, Google Pixel bisa dibilang memenuhi kriteria sebagai smartphone kelas atas. Mulai dari desain premium, chipset terbaru, RAM 4 GB, dukungan Google Assistant, Daydream VR, kamera terbaik, dan masih banyak lagi.

9. Hadir Dalam Dua Ukuran yang Sama Kuatnya

Ukuran layar 5 inci pada Pixel, membuatnya menjadi ponsel kompak yang sangat nyaman di tangan. Sementara, Pixel XL dengan 5,5 inci ditujukan buat kamu yang doyan smartphone dengan layar besar. Namun, keduanya punya performa yang sama baiknya meskipun Google melakukan sedikit penyesuaian pada resolusi layar dan kapasitas baterai.

10. USB Type-C dan Jack Audio 3.5mm

Bagaimana pun banyak keunggulan dari USB Type-C dan port tersebut juga makin marak digunakan. Oh iya, satu hal yang lucu adalah Google menekankan bahwa Pixel punya fitur jack audio 3.5mm. Mungkin Google tidak memiliki keberanian untuk menghapusnya?

Harga Google Pixel varian termurah yakni 32GB dibanderol US$649 atau Rp 8,4 juta, dan Pixel 128GB harganya mencapai US$749 atau sehargaRp 9,7 juta. Sementara itu Pixel XL versi 32GB dilepas dengan harga US$769 atau Rp 9,9 juta, dan versi 128GB dihargai US$869 atau mencapai Rp 12 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s