Inilah Kebaikan Kopi untuk Hati

amazonaws.com

amazonaws.com

Sudah banyak pembahasan mengenai kebaikan maupun keburukan kopi. Namun, bagaimana dengan efeknya terhadap kesehatan hati? Beberapa orang enggan mengkonsumsi kopi secara rutin karna mendengar bahaya kopi terhadap hati. Untuk itu sajikan sebuah penjelasan dari dr. Atika mengenai efek kopi terhadap hati yang kami kutip dari okezone.com.

Kopi menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang. Di Amerika Serikat, lebih dari 50% penduduk Amerika mengonsumsi kopi sebagai rutinitas hariannya. Banyaknya penggemar kopi ini tidak lain adalah akibat dari efek stimulasi yang ditimbulkan kopi, serta rasa dan aromanya yang khas.

Efek kopi terhadap kesehatan hati telah diketahui melalui sebuah penelitian. Penelitian ini mencari kaitan antara kopi dan khususnya penyakit hati yang kronis, mengingat penyakit hati kronis memiliki angka kejadian yang cukup tinggi. Selain itu, penyakit ini sulit untuk disembuhkan sehingga biaya kesehatan yang ditimbulkannya menjadi sangat besar.

Dari penelitian tersebut, diperoleh hasil bahwa konsumsi kopi secara rutin berkaitan dengan perbaikan enzim-enzim penanda kerusakan hati. Lebih lanjut lagi, diketahui bahwa penderita penyakit hati kronis yang mengonsumsi kopi memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami perburukan menuju sirosis. Sirosis adalah kondisi akhir dari kerusakan hati, sehingga sulit untuk berfungsi normal kembali.

Di samping itu, penelitian yang sama menunjukkan bahwa dengan konsumsi kopi terdapat angka kematian yang lebih rendah pada penderita yang sudah mengalami sirosis. Angka terjadinya kanker hati juga ditemukan menurun.

Adakah efek kopi terhadap penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus? Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan efek kerja obat antivirus, sehingga pengobatan menjadi lebih efektif. Terakhir, konsumsi kopi ditemukan berkaitan terhadap kadar perlemakan hati yang lebih rendah. Namun, mekanisme terjadinya seluruh efek ini belum dapat dipastikan secara jelas.

Dengan demikian, menilik pada hasil-hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa konsumsi kopi harian diperkirakan baik untuk penderita penyakit hati kronis. Bagaimana dengan dosis yang dianjurkan? Masih terlalu dini untuk dapat memutuskan seberapa dosis kopi yang sebaiknya dikonsumsi setiap orang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Alimentary Pharmacology and Therapeutics menunjukkan bahwa sirosis hati dapat dicegah oleh pengonsumsi kopi dua cangkir per hari.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengeluarkan rekomendasi terkait hal ini. Tetaplah berhati-hati untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan, karena segala hal yang berlebihan dikhawatirkan berisiko menimbulkan efek yang tidak diharapkan. Pastikan pula Anda tidak termasuk kelompok yang harus membatasi konsumsi kopi Anda, misalnya ibu hamil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s