Pesimis Tax Amnesty, Muncul Opsi Pemangkasan Anggaran jilid III

ivoox.id

ivoox.id

Pemerintah membuka opsi untuk kembali melakukan pemangkasan anggaran dalam APBNP 2016, sebagai antisipasi jika program pengampunan pajak atau tax amnesty tidak tercapai. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, opsi tersebut masih belum ingin dilakukan pemerintah dan masih menunggu realisasi tax amnesty hingga akhir September 2016.

“Ya tunggu lah sampai akhir bulan, masih jalan kan,” kata Darmin di DPR, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Menurut laporan okezone.com, Darmin mengakui, realisasi tax amnesty hingga saat ini masih jauh dari target yang sebesar Rp165 triliun. Direktorat Jenderal Pajak mencatat realisasi dana tebusan tax amnesty sudah mencapai Rp9,31 triliun pada pagi hari ini atau baru mencapai 5,6 persen dari target.

Adapun, akhir September 2016 menjadi batas periode pertama kebijakan tax amnesty, pemerintah sendiri sejak awal yakin realisasi ampunan pajak akan mengalami pelonjakan diakhir bulan ini.

“Tapi kita belum bicara seperti itu (pemangkasan jilid III), tapi ya memang sampai sekarang hasilnya masih kurang menggembirakan, tapi tunggu lah sampai akhir bulan ini,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Darmin juga menegaskan masih belum memikirkan upaya-upaya darurat seperti memperpanjang masa periode pertama penerapan tax amnesty. Dia mengungkapkan, pemerintah akan mengambil langkah pada akhir September ini.

“Tapi kita coba push itu supaya aparat pajak bergerak lebih gesit utk yakinkan para pembayar pajak supaya gunakan waktu yang ada,” tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memutuskan untuk memangkas anggaran pada APBNP 2016 sebesar Rp137,6 triliun atau naik Rp4,6 triliun dari angka pemangkasan pertama yang sebesar Rp133,8 triliun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s