Cara Analisa Saham: Analisis Fundamental

unnamed

Dengan mengetahui cara menganalisa saham yang tepat, investor bakal sukses di pasar saham. Umumnya, ada dua cara analisa saham yang bisa digunakan, yakni analisa fundamental dan analisa teknikal.

Cara menganalisa saham dengan teknik analisa fundamental merupakan sebuah analisis berdasarkan indikator keuangan di tubuh perusahaan serta menganalisa faktor ekonomi secara umum. Untuk informasi finansial perusahaan khususnya yang berkaitan dengan penampilan perusahaan, seperti volume penjualan, kekayaan, keuntungan, dan sebagainya. Sedangkan yang terkait dengan ekonomi secara umum adalah mencakup pertumbuhan ekonomi, data inflasi dan sebagainya.

Beberapa formula yang populer dalam analisa fundamental antara lain: Price Earning Ratio (PER), dan Price Book Value (P/BV), serta Ratio Arus Kas Perusahaan (cash flow per share). Tidak ada standar yang pasti untuk mengetahui berapa PER, P/BV, dan Rasio Arus Kas suatu perusahaan yang layak.

Namun kalangan analis selama ini melihat sebuah PER saham perusahaan dikatakan murah berkisar antara 10 sampai dengan 15 kali, tentunya apabila ada di bawah itu PER-nya bisa dikatakan lebih murah lagi. Tapi ada kalanya pula ketika PER perusahaan rata-rata industri ada pada kisaran 40 kali dan PER sebuah perusahaan yang akan go public pada kisaran 20 kali dengan sendirinya yang 20 kali itu dikatakan murah.

Jadi mahal dan murah menjadi sangat relatif, tergantung pada kondisi pasar. Kalau pasar bearish mungkin saja PER yang 15 kali dianggap mahal, tapi kalau pasar bullish PER 20 mungkin dikatakan murah. Sedangkan dari sisi P/BV, saham perusahaan dikatakan murah yaitu berkisar pada angka maksimum 2 s/d 4 kali, sedang dari sisi Rasio Arus Kas perusahaan harga saham dikatakan cukup wajar jika berkisar antara 3 sampai 6 kali.

Cara menganalisa saham dengan teknik analisa fundamental bertujuan menjawab pertanyaan apakah harga suatu saham murah atau mahal. Sehingga kalau harga saham sangat murah maka pemodal dapat mengambil keputusan untuk membeli saham tersebut, menyimpannya dan menunggu harga naik.

Jika anda masih bingung dengan pencarian rasio-rasio yang disebutkan diatas, berikut kami sajikan sebuah video dari IDX Channel mengenai cara analisis saham melalui faktor fundamental.

sumber: okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s