Smartphone Bongkar Pasang Google Tak Akan Dirilis

Secara resmi Google disebut menghentikan Project Ara, sebuah proyek untuk membangun smartphone modular dengan komponen yang bisa ditukar. Isu tersebut didapat setelah Juru Bicara Google mengkonfirmasi bahwa raksasa mesin pencarian itu dilaporkan tak akan merilis ponsel “bongkar pasang” tersebut. Namun ia akan melisensi teknologi ke partner lainnya untuk diboyong ke pasar.

Seperti diberitakan The Verge, yang kami kutip dari Okezone, Jumat (2/9/2016), keputusan ini sebagai upaya untuk menyatukan pengembangan hardware Google di bawah mantan Presiden Motorola Rick Osterloh.
Ponsel Ara adalah ponsel Android, ponsel ini memiliki bagian tubuh belakang yang dapat dilepas-pasang mirip permainan anak-anak, Lego. Sisi ponsel belakang terbagi menjadi enam bagian yang dapat dilepas, kemudian dipasang kembali dengan potongan-potongan baru. Setiap potongan yang disebut modul terhubung dengan tubuh utama ponsel melalui sebuah konektor.

Enam buah slot modul bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Setiap slot bisa diganti dengan modul biasa, bisa pula diganti dengan modul yang berfungsi sebagai speaker atau pengeras suara. Bahkan untuk menciptakan kualitas audio yang lebih besar, dua buah modul bisa diisi dengan dua buah speaker.

Project Ara awalnya dikembangkan oleh perusahaan Advanced Technology yang dinaungi oleh Motorola Mobility saat masih menjadi bagian dari Google. Pada saat itu tim Ara mengembangkan konsep desain smartphone bak susunan lego, yang bisa dikaitkan, disusun ulang, dan ditukar dalam hitungan detik. Walaupun kemudian Google menjual Motorola ke Lenovo, namun Google masih memegang tim proyek ini.

Google berharap Project Ara dapat merendahkan pagar entri pembuat perangkat keras ponsel agar dapat ada “ratusan ribu pengembang” daripada hanya para beberapa dari para perusahaan besar pembuat smartphone. “Anyone will be able to build a module without requiring a license or paying a fee.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s