28 Emiten yang Disuspensi Terancam Delisting

Pialang mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (23/7). IHSG saat penutupan perdagangan Rabu (23/7), tercatat menguat sebesar 0.2 persen ke level 5,093, dipengaruhi terpilihnya pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla menjadi presiden dan wapres. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ed/ama/14

ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ed/ama/14

Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana akan melakukan delisting atau penghapusan pencatatan saham di pasar modal. Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, saat ini rencana tersebut masih dikaji, terutama menyangkut perusahaan yang disuspensi.

“Sedang kita pelajari mana yang harus sudah di-delist. Ada 28 kan disuspensi,” jelasnya kepada awak media, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Kajian ini masih dilakukan berdasarkan data pencatatan perdagangan saham. Namun, belum dapat dipastikan ada berapa perusahaan yang di-delisting.

“Bagi perusahaan yang saat ini suspend kita melakukan semacam assesment apakah mereka sudah seharusnya sudah di-delist, itu penilaian kembali untuk kemungkinan di-delist dari pencatatan bursa. Kalau belum dua tahun, kalau tidak punya keinginan lagi bisa. Ada yang sudah dua tahun lebih,” imbuhnya.

BEI pun tak khawatir rencana ini dapat memengaruhi jumlah emiten di pasar modal. Sebab, dalam waktu dekat akan terdapat beberapa perusahaan yang melakukan IPO atau pencatatan saham perdana.

“Ada enam IPO, satu relisting, mungkin ada satu atau dua. Relisting ada PT Indo Komoditi Lorpora. Dia mau akan masuk investasi,” imbuhnya.

BEI pun mengimbau agar semakin banyak perusahaan yang dapat melakukan IPO. Sebab, sangat banyak dana yang dapat dimanfaatkan apabila sebuah perusahaan telah go public.

“Banyak, ada dana asuransi, dana pensiun yang dapat dimanfaatkan. Dan mereka itu juga mencari pengelola dana yang tentunya sudah mereka percaya. Kalau tidak ada data public maka pemilik dana akan sulit untuk percaya,” tutupnya.

sumber: okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s