BEI Kembalikan Auto Rejection Simetris

sekolahpasarmodal.idx.co.id

sekolahpasarmodal.idx.co.id

Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana mengubah peraturan auto rejecton 10% dengan menerapkan kembali aturan lamanya auto rejection simetris. BEI sendiri mengharapkan peraturan yang masih dalam tahap diskusi ini dapat diterapkan mulai september depan.

Selanjutnya, BEI akan berunding dengan Otoritas Jasa Keuangan untuk membahas rencana ini. Aturan auto rejection akan terbit dalam surat edaran BEI, bukan POJK dan diimplementasikan bulan depan.

“Batas auto rejection akan kami kembalikan ke simetris,” ungkap Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Anggota Bursa BEI, Hamdi Hassyarbaini, Selasa (30/8).

Auto rejection adalah penolakan otomatis oleh sistem perdagangan saham BEI terhadap penawaran jual dan atau permintaan beli efek bersifat ekuitas akibat dilampauinya batasan harga.

Di aturan saat ini, batas bawah di tiga rentang harga itu dipatok masing-masing 10%. Hamdi mengatakan, ketentuan auto rejection berbeda di tiap rentang harga agar pasar saham kembali bergairah, sehingga tingkat kepercayaan investor dapat bertambah karena saham yang ditransaksikan mencerminkan kondisi pasar.

Aturan yang berlaku nanti, di rentang harga Rp 50-Rp 200 batas atas dan batas bawahnya 35%, rentang harga Rp 200-Rp 5.000 batas atas dan batas bawahnya 25%, serta harga di atas Rp 5.000 batas atas dan batas bawah 20%.

“Nanti kondisi itu bisa meningkatkan transaksi di pasar modal,” kata dia.

Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang menyatakan sependapat dengan rencana BEI karena kondisi pasar saat ini sudah jauh lebih stabil. “Saat stabil seperti ini maka tepat menerapkan auto rejection simetris dan membuat perdagangan jauh lebih menarik untuk trading,” kata dia.

Kepala Riset NH Korindo Securites Reza Priyambada menilai, auto rejectionbelum perlu diubah. Justru yang menjadi perhatian adalah fungsi pengawasan BEI. “Seharusnya lebih ke pengawasan perdagangan daripada memaksakan agar investor percaya,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s