Japfa Comfeed akan Suntik Dana Lewat Right Issue

Untuk menambah permodalannya, Perusahaan pakan ternak, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) akan menerbitkan saham baru atau right issue sebanyak 1,066 miliar saham. Aksi korporasi itu melalui mekanisme penambahan modal perusahaan terbuka tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu dengan harga pelaksanaan Rp935,6 per saham.

Dilansir CNN Indonesia, diungkapkan Direktur Japfa Comfeed Indonesia, Koesbyanto Setyadharma dalam keterangan resminya, “Manfaat penerbitan saham itu akan memperkuat struktur permodal, pada akhirnya, akan mendukung usaha perseroan dan anak perusahaan,” ujarnya.

Manfaat lainnya,  akan meningkatkan jumlah saham yang diperdagangkan secara publik. Dengan demikian, setelah berakhirnya periode pembekuan izin perdagangan efek (lock-up) selama 12 bulan yang diwajibkan otoritas bursa, diharapkan likuiditas saham perseroan meningkat, imbuh Koesbyanto.

Dana hasil penerbitan saham baru itu antara lain untuk menurunkan liabilitas, investasi, modal kerja dan keperluan korporasi umum yang menguntungkan bagi perseroan dan anak usaha.

“Setelah penerbitan saham baru, ekuitas perseroan akan bertambah menjadi sebesar Rp7,107 triliun, sementara per buku 31 Desember 2015 sebesar Rp6,109 triliun,” paparnya.

Terkait penerbitan saham itu, Koesbyanto mengemukakan, perseroan telah menandatangani perjanjian penyertaan modal (subscription agreement) dengan KKR Jade Investment Pte/ Ltd, lembaga keuangan yang dikelola dan diarahkan oleh Kohlberg Kravis Roberts & Co L.P (KKR).

Berdasarkan perjanjian, perseroan akan menerbitkan 750 juta saham baru atau mewakili 6,57 persen dari total modal ditempatkan dan disetor setelah pelaksanaan dari total 1,066 miliar lembar saham yang dikeluarkan perseroan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s