Kelahiran dan 2 Waktu Lainnya yang Menakutkan Bagi Manusia

analisadaily.com

analisadaily.com

Pernahkah anda merasa takut? Dan tahukah anda sebenarnya dalam kehidupan ini terdapat 3 waktu yang ditakuti semua manusia? waktu apa sajakan itu? Berikut ini kami akan memaparkan ketiga waktu yang ditakui manusia dalam kehidupannya.1. Waktu Kelahiran

Waktu kelahiran adalah waktu pertama yang ditauki oleh manusia. Saat menghadapi kelahiran manusia untuk pertama kalinya melihat dunia luar yang asing dan menakutkan bagi dirinya. Setelah mendapatkan perlindungan didalam rahim ibunya yang kokoh dan aman dari ancaman luar karena rahim adalah tempat yang kokoh dan perlindungan yang kuat dari goncangan dan benturan dari luar. Seperti pada firman Allah SWT yan berbunyi.

(فَجَعَلْنَاهُ فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (٢١) إِلَى قَدَرٍ مَعْلُومٍ (٢٢) فَقَدَرْنَا فَنِعْمَ الْقَادِرُونَ (٢٣

“Kemudian Kami letakkan Dia dalam tempat yang kokoh (rahim). Sampai waktu yang ditentukan, Lalu Kami tentukan (bentuknya), Maka Kami-lah Sebaik-baik yang menentukan”. (QS. Al-Mursalat: 21-23)

Tidak hanya ditempatkan ditempat yang kokoh bayi pun tidak perlu memikirkan makanan. Ia otomatis mendapatkan nutrisi dari ibunya melalui plasenta. Namun saat dilahirkan bayi harus bernafas secara mandiri dengan paru-parunya, dan tidak lagi mendapatkan makanan secara otomatis. Karna ketakutan itulah setiap bayi menangis saat dilahirkan.

2. Waktu Kematian

Seperti yang kita tahu kita tidak dapat mengetahui waktu kematian kita. Allah SWT berfirman.

نَحْنُ قَدَّرْنَا بَيْنَكُمُ الْمَوْتَ وَمَا نَحْنُ بِمَسْبُوقِينَ

“Kami telah menentukan kematian di antara kamu dan Kami sekali-sekali tidak akan dapat dikalahkan”. (QS. Al-Waqiah: 60)

Saat wafat manusia akan menyebrang kealam lain yang asing baginya. Untuk sampai ke alam tersebut manusia harus melewati gerbang yang sangan menakutkan yakni sakaratul maut. Bahkan Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa “Sakaratul maut itu sangat menyakitkan hingga mata orang yang dicabut nyawanya terbelalak keatas mengikuti kemana arah ruhnya dicabut.”

3. Waktu Kebangkitan

Begitu malaikat Israfil meniup sangkakala untuk kedua kalinya semua makhluk yang telah mati akan hidup, mereka keluar dari kubur dengan cepat dan bergegas dan berjalan cepat menghadap Rabb mereka untuk menjalani pengambilan amal, seperti pada firman Allah SWT.

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

“Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi sangkakala itu maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)”.(QS.Az Zumar: 68)

Dihari tersebut manusia akan terlihat sesuai saat ia meninggal dunia. Ini juga sesuai dengan sabda Rasululah SAW yang artinya.

“Setiap hamba akan dibangkitkan sesuai seperti apa ia meniggal”. (HR. Muslim no.2878)

Pada saat itu manusia tidak bisa membantah Allah SWT karna yang berbicara adalah anggota tubuhnya sendiri. Kemudian amal mereka akan ditanyakan, dihitung, ditimbang dan dibalas oleh Allah sesuai dengan apa yang ia kerjakan. Segala apa yang mereka perdebatkan saat masih didunia seperti keadilan dan kezaliman, keimanan dan kekafiran, amal kebajikan dan amal keburukan semuanya akan diputuskan balasannya hari itu. Tidak ada seorang pun yang dapat menolongnya, hanya amal Saleh lah yang mampu menolongnya dari murka Allah.

Demikianlah 3 waktu yang ditakuti manusia, semoga tulisan diatas mampu menjadi renungan bagi kita untuk mengintrospeksi diri dan mempersiapkan diri dalam menghadapi akhir hidup kita dengan akhir yang indah dan mempertanggung jawabkannya di akhirat kelak. Sehingga kita dapat tersenyum berseri di yaumil akhir kelak. Amin ya Rabbal’ Alamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s