Makanan dan Minuman Terbaik Temani Buka Puasa

gastronomy-aficionado.com

gastronomy-aficionado.com

Apa menu favorit anda saat bebuka puasa? Tidak makan dan tidak minum selama kurang lebih 12 jam saat berpuasa, tentu kita memerlukan asupan gizi yang baik dan seimbang saat berbuka. Salah memilih makanan dan makan terlalu berlebih saat berbuka dapat mendatangkan berbagai penyakit. Untuk itu langit-langit,com menyarankan untuk anda beberapa makanan dan minuman rekomendasi yang baik untuk berbuka puasa.

1. Konsumsi Kurma
Kurma mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah dan seluruh tubuh. Selain itu, kandungan garam pada Kurma juga amat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah.

Untuk vitamin, kurma juga ndak akan mau kalah. Kandungan vitamin pada kurma terdapat Vitamin A, B12, B2 dan juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor dan lainnya.

2. Minumlah Madu
Wah, madu juga bagus untuk berbuka puasa ya sobat. Memang banyak sekali manfaat madu, beberapa diantaranya adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang langsung cepat diserap tubuh akan berfungsi untuk mengembalikan energi dan stamina untuk tubuh kita.

Manfaat besar mengkonsumsi madu saat berbuka puasa juga akan memberikan vitamin dan mineral untuk tubuh kita, hal itu karena madu mengandung kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, sulfur dan mangan. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan.

3. Jangan lupakan Buah-Buahan
Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, maka dari itu anjuran ini sangat efektif untuk kita lakukan.

Sedangkan pilihan buah yang bisa anda konsumsi adalah buah yang banyak mengandung serat, mudah dicerna dan mengandung kadar gula (buah manis) seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur dan lain sebagainya.

4. Makanlah Sayur-Sayuran
Saat lambung kita istirahat satu harian, maka ketika hendak berbuka tubuh membutuhkan jenis makanan yang mudah dicerna, hal itu karena ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Apabila yang kita konsumsi terdapat makanan yang berat saat berbuka puasa, lambung akan shock dan bekerja lebih berat, tentunya ini tidak baik untuk kesehatan.

Nah, jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung adalah sayur-sayuran. Di dalam sayuran hijau (rekomondasi) banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, mineral, protein, vitamin C, K dan asam folat. Kandungan zat besi pada sayuran juga amat baik sekali untuk meningkatkan tekanan darah bagi penderita anemia, dan ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh.

5. Ikan
Ketika anda selesai shalat maghrib, maka tiba saatnya untuk makan nasi. Nah, pendamping nasi yang tepat selain buah, sayur dan air putih adalah Ikan. Bagaimana pun banyaknya anda makan Ikan, maka efek samping yang timbul amat sedikit, hal itu karena ikan mengandung Protein, berbeda dengan daging yang bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak.

Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga keseahtan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan dan baik untuk tulang.

6. Campuran rempah dan yoghurt

Masukkan air, biji jintan, irisan jahe dan sedikit garam pada secangkir yoghurt. Kocok dan campur semuanya. Minuman ini kaya bakteri baik (probiotik), antioksidan dan elektrolit yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan juga melindungi Anda dari dehidrasi.

7. Air lemon dan mint

Taruh beberapa daun mint dan irisan lemon dalam segelas air dan didihkan selama 15 menit. Setelah itu, dinginkan dan tambahkan madu secukupnya. Resep ini dapat mencegah dehidrasi dan lemas saat puasa.

8. Air mentimun

Mencampur minuman ini paling mudah. Masukkan mentimun yang telah diiris tipis-tipis ke dalam segelas air. Tambahkan beberapa daun mint dan irisan jeruk. Minuman sehat ini juga akan melindungi Anda dari teriknya matahari.

9. Jeruk peras

Jeruk peras yang kaya vitamin C dan elektrolit akan mencegah Anda dari kelelahan dan dehidrasi. Ini adalah salah satu minuman terbaik untuk memuaskan dahaga saat buka puasa.

10. Jus semangka

Jus semangka ditambah beberapa tetes lemon dan sedikit garam akan menjadi minuman yang sempurna saat buka puasa. Semangka dapat membantu mencegah dehidrasi.

sumber: liputan 6 & terwujud.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s