Berdoakah Anda Saat Masuk Toilet?

donna.nanopress.it

donna.nanopress.it

Apakah selama ini anda selalu berdoa ketika masuk ke toilet atau kamar mandi? Berdoa saat hendak masuk ke toilet sangat penting dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebabkan karna toilet adalah tempat setan-setan yang bersemayam di tempat najis dan tempat terbukanya aurat. Seperti yang dijelaskan pada sebuah hadits. 

Dari Zaid bin Arqam radhiallahu anhu, dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

  إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ ، فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْخَلَاءَ فَلْيَقُلْ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (رواه أبو داود، رقم 6 وصححه الألباني في صحيح أبي داود)

“Sesungguhnya tempat buang hajat didiami setan, jika salah seorang di antara kalian masuk WC, aka ucapkanlah; A’uuzu billahi minal khubutis wal khabaits” (HR. Abu Daud, no. 6, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam shahih Muslim)

Tidak hanya berdoa saat masuk toilet, Islam juga memiliki beberapa adab yang dijalankan saat masuk dan keluar toilet atau kamar mandi. Berikut adalah adab masuk dan keluar dari toilet.

1. Membaca Doa.

Dalam kitab Shahih Bukhari Muslim dari Anas Radhiyallahu Anhu’bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’disaat memasuki kamar mandi (WC), maka beliau mengucapkan doa berikut :

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Atau:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillaahi Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Doa pertama didasarkan pada hadits Anas bin Malik radliyallah ‘anhu, beliau berkata:

Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila masuk ke kamar kecil berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.” (Muttafaq ‘alaih)

Sedangkan doa ke dua di samping hadits Anas di atas juga didasarkan pada hadits Ali bin Abi Thalib radliyallah ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Penghalang pandangan jin terhadap aurat manusia adalah apabila dia masuk ke kamar kecil ia mengucapkan Bismillah.” (HR. Al-Tirmidzi dan Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syekh al-Albani dalam Shahih al-Jami’ al-Shaghir no. 3611)

2. Memasuki kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri

Dalam masalah ini tidak terdapat hadits shahih yang secara khusus menyebutkan disukainya mendahulukan kaki kiri ketika hendak masuk WC. Hanya saja terdapat hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyukai mendahulukan yang kanan pada setiap perkara yang baik.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, beberapa ulama seperti Al-Imam An-Nawawi dalam kitab beliau, Syarhu Shahih Muslim, dan juga Al-Imam Ibnu Daqiqil ‘Id menyebutkan disukainya seseorang yang masuk WC dengan mendahulukan kaki kiri dan ketika keluar dengan mendahulukan kaki kanan.

3. Dianjurkan memakai alas kaki ketika memasuki WC/kamar mandi.

4. Jangan berbicara ketika berada di WC/kamar mandi

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ bersabda,”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesunguhnya Allah murka akan hal itu.”

5. Tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat, ketika buang air kecil dan besar

“Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat.” (HR. Al-Bukhari No. 394 dan Muslim No. 264)

6. Tidak boleh membawa atau membaca lafadz Allah dan Muhammad atau ayat-ayat Al Quran atau hadist ke dalam WC/kamar mandi

7. Berhati-hatilah dengan percikan najis, dalam salah satu hadist “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada :”

“Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena tidak berhati-hati ketika beristinja”.

8.Keluar dari WC/kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan.

9. Membaca Doa setelah keluar Toilet

غُفْرَانَكَ

Ghufraanaka

Artinya: Aku mohon ampunan-Mu, Ya Allah.

Doa ini didasarkan pada hadits Aisyah radliyallah ‘anha,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ مِنْ الْخَلَاءِ قَالَ غُفْرَانَكَ

Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, apabila sudah keluar dari kamar kecil beliau membaca: Ghufraanaka.” (HR. Ahmad, al-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh al-Albani dalam al-Irwa, no. 52)

Hadits Aisyah radliyallah ‘anha  di atas adalah riwayat yang paling shahih yang menerangkan masalah ini, sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Hatim. (Lihat Fiqih Sunnah: ; dan Subulus Salam: 1/254).

Adapun dua hadits berikut yang beredar di masyarakat namun ternyata status keduanya dhaif.

Pertama, hadits Anas bin Malik, berkata: “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika keluar dari kamar kecil, beliau membaca:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan yang telah memaafkanku.” (HR. Ibnu Majah. Didhaifkan oleh Syekh al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah: 1/373; didhaifkan juga dalam al Misykah no. 374 dan al Irwa’ no. 53)

Kedua, hadits ibnu Umar, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membaca:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذَاقَنِي لَذَّتَهُ وَأَبْقَى فِي قُوَّتَهُ وَأَذْهَبَ عَنِّي أَذَاهُ

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kenikmatan kepadaku, yang masih memberikan kekuatan pada diriku, dan yang telah menghilangkan kotoran dari diriku.” (HR. Ibnus Sunni. Didhaifkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Dhaif al-Jami’ al Shaghir, no. 4388)

Imam al Shan’ani dalam Subulus Salam menyatakan kedua hadits tersebut seluruh sanadnya lemah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s