Cegah Nafas Bau Saat Puasa dengan Cara Berikut

Saat berpuasa, kita hanya makan saat sahur dan berbuka puasa. Seringkali, ketika berpuasa bau napas kita menjadi tidak enak. Bau napas yang tidak enak sedikit mengganggu ketika kita sedang berbicara dengan orang lain. Jangan sedih, berikut merupakan tips untuk menjaga napas tetap segar ketika berpuasa yang kami kutip dari merdeka.com.

1. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah dapat mengurangi bau napas yang tidak enak ketika berpuasa. Sempatkan makan sayur dan buah saat sahur. Sayur dan buah juga secara alami dapat membersihkan gigi karena menghilangkan plak dari gigi Anda.

2. Kumur dengan baking soda

Jika Anda mempunyai baking soda di rumah, ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan napas yang bau. Campurkan seperempat gelas baking soda dengan dua sendok makan lemon dan garam. Kumur dengan cara tersebut dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan napas bau.

3. Bawang merah dan bawang putih

Hindari makanan yang mengandung banyak bawang merah dan bawang putih. Bau bawang merah dan bawang putih akan tetap bertahan selama Anda berpuasa. Anda juga tidak dapat menutupi bau bawang tersebut dengan memakan makanan lain selama berpuasa.

4. Keju

Meskipun keju disukai banyak orang, tetapi makanan ini menimbulkan napas yang bau. Menghindari keju dan makanan yang mengandung keju dapat menjadi alternatif meredakan masalah tersebut. Jika Anda tetap ingin makan keju, solusinya adalah mengisap potongan lemon setelah makan. Lemon berfungsi membunuh bakteri di mulut Anda.

5. Banyak minum

Dehidrasi saat berpuasa dapat membuat bau napas tidak enak. Paksakan minum air putih yang banyak ketika sahur dan berbuka puasa. Air yang dibutuhkan tubuh ketika berpuasa berjumlah sekitar 3 liter.

6. Cairan pencuci mulut

Mouth wash atau pencuci mulut dapat digunakan setelah makan sahur. Cairan ini selain berfungsi membuat napas segar, juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada gigi. Tetapi ingat, pastikan cairan ini tidak tertelan.

7. Makan banyak karbohidrat

Kurangnya karbohidrat pada tubuh dapat menyebabkan bau tidak enak pada mulut. Karbohidrat yang cukup ditambah pisang, gandum, dan biji-bijian dapat mencegah bau tidak sedap pada siang hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s