Pinjaman US$5,2 miliar Jadi Komitmen Kerjasama IDB-Indonesia

Pemerintah dan Kelompok Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank Group/ IDB) secara resmi mengumumkan kerjasama Member Country Partnership Strategy (MCPS) II dalam Pembukaan Sidang Tahunan Dewan Gubernur IDB Group ke-41.
menurut lapotran CNN Indonesia, Dalam kerangka kerjasama itu Grup IDB memberikan komitmen pinjaman kepada Indonesia sebesar US$5,2 miliar untuk periode 2016-2020. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi langkah IDB Group dalam memberikan stimulus demi kemajuan dan kesejahteraan negara anggotanya di tengah perlambatan perekonomian global dan tertekannya harga komoditas.

Dalam sambutannya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (17/5) malam, JK menuturkan   “Karena mayoritas negara anggota IDB merupakan negara yang berpenghasilan menengah dan juga banyak emerging countries tentu dibutuhkan banyak hal seperti pembangunan infrastruktur, fasilitas publik dan juga pembangunan lainya yang merupakan tantangan ke depan.”

Penandatanganan MCPS II dilakukan oleh Presiden IDB Group Ali Mohamed Ali Al-Madani dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil.

Dalam kerangka MCPS II, pemerintah dan IDB akan fokus pada pengurangan ketimpangan antar wilayah, pengembangan industri keuangan syariah, dan peningkatan integrasi regional. Hal itu sejalan dengan prioritas pembangunan nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Indonesia 2015-2019.

Beberapa proyek yang akan didanai oleh IDB di antaranya adalah perbaikan kawasan kumuh dengan nilai US$364,4 juta, pengembangan empat universitas dan lembaga pendidikan tinggi Islam senilai US$176,5 juta, serta perluasan dan pengembangan jaringan listrik atau transmisi sebesar US$330 juta.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menilai IDB Group merupakan mitra penting bagi Indonesia. Dia juga berharap kerjasama ini akan menyusul kesuksesan MCPS I pada periode 2011-2014. Kerangka MCPS I telah berhasil mendanai area penting dalam pembangunan seperti infrastruktur dan pembangunan sektor swasta.

“IDB merupakan mitra penting bagi Indonesia. Kami sangat menghargai bantuan pembiayaan yang diberikan IDB,” ujar Bambang.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan Dewan Gubernur IDB Group ke-41 digelar pada hari ini Rabu (18/5) hingga esok hari di Jakarta. Sebanyak 57 negara anggota akan terlibat dalam pertemuan tahunan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s