Awal Mei BRI Turunkan Bunga Kredit UMKM jadi 9,75%

financial.id

financial.id

Sebuah keputusan diambil PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk dengan memangkas drastis suku bunga kredit sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) dari level 12,75 persen pertahun menjadi 9,75 persen per tahun. Suku bunga tersebut berlaku terhitung sejak 1 Mei 2016 khusus untuk debitur baru non existing.
Keputusan BRI memangkas hingga 300 basis poin (bps) tersebut dipengaruhi oleh komitmen perbankan BUMN untuk bersama-sama menurunkan suku bunga, aturan pembatasan (capping) bagi bunga deposito bank oleh OJK dan reformulasi kebijakan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia.

“Selain itu faktor ekonomi makro yang semakin kondusif serta semangat menuju single digit policy juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap penurunan suku bunga tersebut,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso melalui keterangan resmi, yang dikutip dari CNN Indonesia.

BRI juga menilai penurunan suku bunga kredit mampu merangsang pertumbuhan bisnis di sektor usaha tersebut. Tak hanya berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, sektor ini juga berperan dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal serta pembiayaan masyarakat.

Dengan penurunan suku bunga kredit BRI optimis target pertumbuhan untuk realisasi kredit sektor UKM yang sebesar 10-13 persen dapat tercapai.

“Tentunya dalam penyaluran tersebut dengan tanpa mengabaikan prinsip-prinsip prudential banking,” jelas hari.

Sebagai informasi hingga akhir tahun lalu realisasi kredit sektor UKM mencapai Rp134,7 triliun dan hingga Maret lalu total realisasi kredit sektor UKM mencapai 4-6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s