Ternyata Wanita Perlu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

ilustrasi (juicemigourmet.com)

ilustrasi (juicemigourmet.com)

Hidup di era modern dimana wanita dituntut tampil “sempurna”, cerdas, pintar mengurus rumah tangga, dan memiliki standar kecantikan yang tinggi. Dengan adanya tuntutan zaman tersebut, kaum hawa beresiko dua kali lebih besar menderita depresi dan juga penyakit jantung.

Dari hal tersebut sangat masuk akal apabila para peneliti menyimpulkan bahwa wanita harusnya memiliki waktu istirahat yang lebih banyak dari pria. Para ahli mengatakan, wanita butuh 20 menit waktu tidur lebih lama dari pada pria karena otak mereka lebih kompleks dan dipakai lebih banyak.

Seperti dilansir kompas.com, menurut Yayasan Nasional Tidur AS, orang berusia di atas 18 tahun harus tidur sekitar 7-9 jam setiap malam agar sehat dan bugar.

“Otak wanita dan pria memang berbeda, serta lebih kompleks sehingga kebutuhan tidur mereka lebih besar. Rata-rata perlu 20 menit lebih lama, tapi ada juga yang lebih dari itu atau sedikit lebih singkat,” kata Jim Horne, direktur pusat penelitian tidur dari Universitas Loughborough Inggris.

Selain itu, para wanita juga cenderung mengerjakan banyak hal pada waktu bersamaan (multitask), sehingga tentu saja mereka menggunakan otaknya lebih banyak.

Waktu tidur yang lama bukan hanya dibutuhkan sebagai cadangan energi tapi juga mereka mengalami kerugian yang lebih besar akibat kurang tidur.

“Bagi wanita, kurang tidur akan meningkatkan level stres, rasa marah, dan depresi. Sebaliknya, efek itu tak terlalu besar pada wanita yang kurang tidur,” kata Horne.

Fungsi utama dari tidur adalah memberi kesempatan bagi otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Saat tidur, bagian otak yang disebut korteks yang bertanggung jawab pada daya ingat, bahasa, dan pemikiran, akan memperbaiki diri.

“Makin banyak Anda menggunakan otak di siang hari, makin butuh ia beristirahat dan memulihkan diri. Dengan kata lain, waktu tidur pun perlu lebih lama,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s