Langkah Cepat Usir Flu

bigstock-Adult-man-patient-with-high-te-45657103

Jangan biarkan flu membuat Anda tumbang. Ketika kali pertama flu menyerang, biasanya orang akan langsung minum obat yang mengandung dekongestan, menyelimuti diri, dan berharap obatnya bekerja dengan cepat.

Namun, menunggu obat bekerja berarti menunggu selama beberapa hari, bahkan bisa sampai satu atau dua minggu. Menyebalkan? Pastinya. Akibatnya, pekerjaan pun banyak yang terbengkalai. Nah, supaya ini tidak terjadi, ambillah izin sakit satu hari dan coba ikuti tips di bawah ini untuk melenyapkan flu dalam waktu 24 jam.

 

Pukul 07.00 pagi: Mandi air hangat

Mandi adalah hal yang sering kali menakutkan bagi penderita flu. Namun, paksalah diri Anda sedikit untuk menikmati air hangat. Menurut penulis bukuThe Good Doctor’s Guide to Cold and Flu, E Neil Schachter, MD, air dan uap hangat mampu melegakan hidung tersumbat  sehingga tubuh Anda terasa lebih nyaman, dan Anda bisa tidur lebih nyenyak pada malam hari.

 

Pukul 08.00 pagi: Makan buah delima atau minum ekstraknya

Buah delima bukan hanya kaya antioksidan, tetapi juga bersifat antiviral dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kata Heather Jeney, dokter spesialis anak dari Oradell, New Jersey. Minum dua sendok ekstrak delima sebanyak tiga kali sehari akan mengurangi intensitas dan durasi flu yang Anda derita. Selain itu, jika Anda meminumnya ketika belum sakit, hal tersebut mampu membantu mencegah penularan virus flu.

 

Pukul 09.00 pagi:  Jauhi sereal dan kopi, ganti dengan telur dan teh

Telur mengandung sembilan asam esensial penting amino yang dapat membangkitkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Pasangkan telur dengan secangkir teh serta lemon dan madu. “Madu bekerja lebih baik daripada obat batuk untuk meredakan batuk dengan melapisi bagian belakang tenggorokan,” kata Zeyed Baker, MD, kepala bagian divisi kesehatan anak di Riverside Medical Group di Secaucus, New Jersey.

 

Pukul 12:30: Makan buncis dan biji labu

Buncis dan labu merupakan sumber mineral seng yang baik bagi tubuh. Seng berguna untuk membantu meningkatkan perlawanan tubuh Anda terhadap infeksi dan mengurangi peradangan. Menurut Schachtner, ada bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi seng dalam 24 jam setelah timbul gejala dapat mempersingkat durasi dan intensitas flu.

 

Pukul 14.00: Minum air putih

Hidrasi sangat penting ketika Anda melawan penyakit karena demam dapat meningkatkan jumlah cairan yang menguap dari tubuh. Dengan demikian, Anda lebih berisiko untuk dehidrasi. Selain itu, minum air putih yang cukup akan membantu tubuh Anda mengusir  lendir yang terakumulasi di hidung dan tenggorokan. Pastikan Anda minum setidaknya dua gelas lebih banyak dari biasanya. Mengonsumsi sup dan teh panas juga dapat membantu.

 

Pukul 15.00: Berjalan-jalan

Berjalan-jalan dua puluh menit di sekitar rumah dapat meningkatkan energi Anda dan membantu meringankan gejala flu. Olahraga intensitas moderat seperti berjalan dapat membantu merangsang Anda bernapas lebih dalam dan membuka saluran pernapasan yang tersumbat di hidung.

Latihan juga meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam usus, yang membantu mengontrol sistem kekebalan tubuh. Demikian hasil menurut studi yang dimuat dalam jurnal Gut.

 

Pukul 18.30: Makan sup ayam

Uap dan bahan di dalam sup ayam, kata Schachter, dapat menekan zat kimia yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Sup ayam buatan sendiri adalah yang terbaik. Namun, jika Anda tak sanggup membuatnya sendiri, sup kalengan pun tidak apa-apa.  Sup juga dapat membantu Anda melawan dingin, menurut hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest.

 

Pukul 21.00: Bersihkan hidung dan tenggorokan

Lendir yang tidak dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi. Jadi, bersihkan dulu hidung dan tenggorokan Anda dari lendir tersebut sebelum tidur. Berkumur dengan cairan saline (cairan garam) dapat membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat tersebut.

 

Pukul 22.00: Pejamkan mata

Melawan flu artinya Anda harus melupakan acara TV favorit pada tengah malam. Tubuh Anda membutuhkan setidaknya tujuh jam untuk beristirahat agar cepat sembuh. Menurut Schachter, supaya tidur lebih nyenyak, gunakan bantal kepala yang lebih tinggi supaya Anda bisa bernapas dengan lebih lega.

 

sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s