Ternyata Lubang Hitam Miliki Jalan Keluar

20130228lubhit1

Apabila selama ini para ilmuwan berpendapat bahwa semua objek yang masuk ke dalam lubang hitam supermasif akan terpenjara selamanya di dalamnya, Stephen Hawking menyatakan sebaliknya. Teori terbaru dari Hawking mengindikasikan bahwa mungkin saja terdapat jalan keluar dari lubang hitam supermasif.

“Jika anda terjebak di dalam lubang hitam supermasif, jangan menyerah. Ada jalan keluar,” ujar Profesor Hawking pada kuliah umum yang diadakan di Stockholm, Swedia.

Sebelumnya, pada tahun 1974, Profesor Hawking mengeluarkan teori mengejutkan bahwa lubang hitam supermasif memancarkan radiasi. Dikutip dari situs Wall Street Journal, teori yang dinamakan ‘Radiasi Hawking’ ini menyatakan bahwa lubang hitam supermasif yang memancarkan radiasi pada akhirnya akan menguap dan seluruh objek dan informasi yang pernah masuk ke dalamnya juga akan menghilang untuk selamanya.

Namun, menurut teori mekanika kuantum, yaitu teori yang menjelaskan fenomena partikel pada skala atom dan subatomis, informasi tidak akan pernah menghilang, bahkan ketika terjebak dalam lubang hitam supermasif sekalipun. Teori inilah yang menginspirasi Hawking untuk meneliti kemungkinan dapat keluarnya informasi yang terjebak di dalam lubang hitam supermasif.

Dijabarkan pada konferensi di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm, teori terbaru Hawking menyatakan bahwa radiasi yang dipancarkan lubang hitam supermasif tersebut tidak membawa objek dan informasi yang masuk ke dalam lubang.

“Saya mengajukan sebuah teori bahwa semua informasi yang masuk ke dalam lubang hitam supermasif tidak tersimpan di bagian dalam lubang hitam tersebut, melainkan di pinggirannya,” terang Profesor Hawking.

Terdapat dua kemungkinan apabila suatu informasi terhisap masuk ke dalam lubang hitam supermasif. Kemungkinan pertama, informasi tersebut dapat keluar dari lubang hitam supermasif namun menjadi semacam hologram. Kemungkinan kedua, informasi tersebut berpindah ke semesta lainnya.

“Adanya sejarah alternatif mengenai lubang hitam supermasif menunjukkan bahwa ada kemungkinan teori ini benar. Ukuran dari lubang hitam tersebut harus besar, dan apabila lubang tersebut berotasi, ada kemungkinan bahwa lubang tersebut memiliki jalan tembus ke semesta lain,” ujar Hawking.

“Inti dari kuliah ini adalah bahwa lubang hitam supermasif tidak ‘sehitam’ yang kita kira sebelumnya. Mereka bukanlah penjara abadi. Benda-benda dapat keluar dari lubang hitam supermasif, mungkin dari ujungnya atau mungkin juga keluar di semesta lain.”

Namun, para ahli fisika yang menghadiri konferensi tersebut berpendapat bahwa meskipun teori baru Hawking terdengar menarik, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s