Anda Tidak Perlu Minum Delapan Gelas Air Sehari

womandrinkingwater

Minum delapan gelas air sehari merupakan tips kesehatan yang sangat umum kita dengar. Manfaat dari minum delapan gelas air sehari dikatakan dapat membuat Anda terlihat lebih muda, lebih segar, dan kesehatan yang lebih baik. Namun, seorang peneliti kesehatan sangat muak dengan mitos yang disebut sebagai fakta tersebut. Peneliti tersebut menulis sebuah artikel yang memohon agar orang berhenti mengulang-ulang nasihat tersebut.

Dalam sebuah artikel di The New York Times, Aaron E. Carroll, profesor pediatrik dan pembantu dekan untuk penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Indiana menulis, “Jika ada satu mitos kesehatan yang tidak akan mati, itu adalah: ‘Anda harus minum delapan gelas sehari.’ Itu tidak benar. Tidak ada ilmu di balik mitos tersebut.”

Dia mengatakan, saran yang sebenarnya adalah bahwa manusia membutuhkan air yang setara dengan delapan gelas air sehari. Namun, para ilmuwan juga menyebutkan cairan yang dikandung makanan dan sayur-sayuran lain, dan tidak pernah bermaksud menyarankan agar orang-orang minum delapan gelas air di atas makanan dan minuman mereka sehari-hari.

“Banyak orang percaya bahwa sumber mitos ini berasal dari rekomendasi Dewan Pangan dan Gizi pada 1945 yang mengatakan, orang-orang membutuhkan sekitar 2,5 air sehari. Tapi mereka mengabaikan kalimat persis di belakangnya. Bunyi kalimat tersebut, ‘sebagian besar jumlah ini terkandung dalam makanan yang disiapkan’.”

Carroll menambahkan bahwa tidak hanya manusia tidak memerlukan delapan gelas air, tapi hanya ada sedikit bukti yang melaporkan bahwa minum air lebih banyak dapat memiliki manfaat kesehatan. Dia mengatakan, bertentangan dengan banyak informasi yang mungkin Anda dengar, tidak ada bukti ilmiah nyata bahwa meminum air tambahan memiliki manfaat kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s