Sekarang Sinyal Radio Jadi Pengisi Baterai Smartphone

Charging

Para peneliti dari Ohio State University telah berhasil menemukan penemuan baru berupa teknologi pengisian daya baterai smartphone. Sebelumnya, penemuan lain telah ditemukan yakni teknologi wireless charging. Rupanya para peneliti ini berhasil menemukan cara baru dengan memanfaatkan sinyal radio sebagai sarana untuk mengisi daya smartphone.

Ide ini datang dari pemanfaatan sinyal radio untuk digunakan sebagai sarana mengisi daya baterai karena penggunaan sinyal tersebut yang masih belum efektif. Hal itu seperti diungkap oleh Chi-Chih Chen, seorang peneliti di Ohio State University.

“Ketika kita berkomunikasi dengan menara selular atau router Wi-Fi, begitu banyak energi yang terbuang. Kami mendaur ulang beberapa energi yang terbuang kembali ke baterai,” ujar Chi-Chih Chen, profesor peneliti dari teknik elektrik dan komputer di Ohio State seperti tertulis di situs resmi universitas tersebut.

Hasilnya, penelitian tersebut membuktikan bahwa hampir 97 persen dari sinyal selular tidak pernah diterima oleh receiver dan terbuang egitu saja di udara. Meski tidak bisa ditangkap secara keseluruhan, setidaknya sinyal yang terbuang itu bisa dimanfaatkan sebagiannya.

Singkatnya, para peneliti itu ingin memanfaatkan gelombang radio yang berbentuk sebagai arus AC  berfrekuensi tinggi. Dan pokok dari penemuan itu adalah bagaimana memanfaatkan gelombang radio untuk disulap secara teliti ke DC, serta secara efisien mengidentifikasi sinyal radio yang terbuang dan mengubahnya cukup hanya untuk mengisi daya baterai ponsel tanpa harus menurunkan kualitas sinyal. Hal ini setidaknya dapat memperpanjang daya tahan baterai sampai 30%.

Sayangnya, energi yang terbuang itu bisa digunakan saat ponsel aktif digunakan berkomunikasi, seperti menjelajah di dunia maya, melakukan panggilan suara, melakukan percakapan via aplikasi messenger, ataupun bermain game online. Hal ini tentu saja tidak berlaku ketika ponsel tidak menggunakan aplikasi dan digunakan untuk mengakses aplikasi offline ataupun bermain game offline. Oleh karena panggilan telepon dan browsing di dunia maya merupakan kegiatan yang bisa menurunkan daya baterai, teknologi ini mungkin akan dapat bekerja dengan baik.

Dari hasil temuannya itu, para peneliti berencana akan memasukkan ‘rectifier’ (komponen untuk mengkonversi sinyal radio AC ke DC) dalam casing yang menempel langsung ke sebuah ponsel. Para peneliti juga ingin bekerja sama dengan pabrikan untuk memasukkan hasil temuannya secara langsung ke dalam sebuah ponsel, tablet, atau perangkat elektronik portable lainnya.

 

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s