Cegah Korupsi, Pejabat China Diajak Tur Keliling Penjara

0135571Korupsi-China780x390

Hal unik dilakukan oleh Partai Komunis China terhadap para pejabatnya. Mereka mengajak para pejabat tinggi mengunjungi penjara untuk untuk melihat keadaan dan suasana yang dirasakan narapidana korupsi di China. Hal ini dilakukan tentu agar para pejabat itu mengetahui sanksi yang akan diterima jika mereka malakukan korupsi.

Dikabarkan China Daily yang dikutip oleh kompas.com lebih dari 70 pejabat tinggi dari provinsi Hubei menghabiskan satu hari penuh di penjara dalam sebuah tur pendidikan sekaligus peringatan itu. Dalam tur penjara itu, para pejabat tersebut diberi kesempatan bertemu 15 mantan pejabat yang saat ini tengah menjalani hukuman penjara karena terbukti melakukan korupsi. Komisi Pusat Inspeksi Disiplin, badan anti-korupsi Partai Komunis China (CCDI), kunjungan ke penjara untuk para pejabat negara itu dilakukan di seluruh wilayah negeri itu.

“Tur itu mendorong para kader untuk mengetahui ganjaran untuk pelaku tindak pidana korupsi,” demikian pernyataan CCDI seperti dikutip China Daily.

Langkah pemerintah menggelar tur penjara ini mendapat reaksi beragam dari warga lewat media sosial. Beberapa warga memuji langkah ini namun tak sedikit yang mengejek. Sementara warga lainnya meminta tur semacam itu diperpanjang waktunya.

“Jika pemerintah melaukan pemeriksaan acak terhadap para pejabat ini, sebagian besar dari mereka pasti juga akan menghuni penjara,” ujar seorang pengguna media sosial Weibo.

Sejak Presiden Xi Jinping berkuasa, Partai Komunis China sudah bertekad untuk memberantas korupsi yang sudah mewabah di negeri itu. Sejauh ini sudah banyak pejabat tinggi China yang harus berurusan dengna hukum karena dakwaan korupsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s