Banyak Minum Parasetamol Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Ternyata Parasetamol dapat memberikan dampak buruk terhadap ibu hamil. Obat penghilang rasa nyeri tersebut jika sering diminum oleh ibu hamil maka dapat merusak kesehatan janin dalam kandungan. Temuan ini disampaikan para ahli dari Universitas Edinburgh yang dikutip oleh BBC Indonesia.

Para ahli Universitas Edinburgh melakukan penelitian terhadap tikus-tikus yang secara khusus “dicangkok” dengan jaringan janin, untuk mendapatkan “kondisi seperti hamil”. Terungkap bahwa tikus-tikus yang diberi parasetamol selama tujuh hari memiliki tingkat testosteron yang jauh lebih rendah.

Testosteron adalah hormon yang sangat penting bagi perkembangan organ-organ reproduktif laki-laki. Dr Rod Mitchell, yang memimpin penelitian ini, mengatakan bahwa temuan mereka memperkuat bukti sebelumnya bahwa penggunaan parasetamol bagi ibu hamil dalam kurun waktu yang lama, tidak baik bagi kesehatan bayi laki-laki.

“Saran kami adalah, para ibu hamil mengikuti panduan yang sudah ada, bahwa obat pereda nyeri dimininum dalam dosis seminimal mungkin dan dalam waktu sesingkat-singkatnya,” kata Mitchell.

Tim peneliti mengatakan masih terlalu awal untuk memperkirkan dampak kajian jika diterapkan untuk manusia, namun juga menegaskan hampir tidak mungkin melakukan penelitian yang sama terhadap wanita-wanita yang hamil karena alasan etik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s