Astronaut

Astronauts

Astronaut adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksamanusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Istilah “astronaut” juga kadang digunakan untuk merujuk secara spesifik kepada antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat atau negara sahabat, berbeda dengan

seorang kosmonaut yang berasal dari Uni Soviet/Rusia.  Semenjak tahun 2003 dikenal pula istilah taikonaut, untuk antariksawan dari Tiongkok.

Secara garis besar ada tiga jenis astronot dalam program luar angkasa:
1. Commander/pilot :bertanggung jawab kepada misi, crew dan pesawat
2. Mission specialist : bekerjasama dengan Komandan/pilot dalam pengoperasian shuttle dan melakukan penelitian di luar angkasa.
3. Payload specialist : bertugas untuk misi khusus sesuai dengan tujuan misi tersebut.

Atribut Astronaut

Seragam astronot harus berwarna putih. Karena warna putih bersifat memantulkan semua radiasi. Radiasi berbahaya tidak dapat mencapai tubuh astronot karena dipantulkan kembali ke angkasa oleh bahan berwarna putih tersebut. Selain seragam yang “harus” berwarna putih, ada lagi perlengkapan lain yang harus digunakan seorang astronot. Baju antariksa NASA yang punya nama keren extravehicular mobility unit, alias EMU ini juga dilengkapi dengan:

 

1. Helm. Berguna untuk melindungi Astronot dari sinar matahari, radiasi sinar kosmis, partikel-partikel bermuatan, dan lain sebagainya, namun para Astronot pun tetap dapat melihat dengan jelas.
2. Sarung tangan dan sepatu boot. Pelindung tangan dan kaki, tetapi tetap dapat bergerak bebas.
3. Perangkat Primary Life-Support System. Perangkat ini berguna sebagai peyediakan oksigen, pengatur tekanan udara, dan kelembaban, perngkat ini dikemas seperti tas punggung, berat.
4. Radio komunikasi. ruang hampa udara tidak dapat menghantarkan suara. Dengan adanya radio komunikasi memungkinkan para Astonot saling berkomunikasi saat berada di luar pesawat.

Peristiwa

Edwin Aldrin pada saat menginjakkan kaki di bulan pada tanggal 21 Juli 1969 pada misi Apollo 11. Manusia pertama yang ke luar angkasa ialah Yuri Gagarin pada 12 April 1961 menggunakan Vostok 1. Wanita pertama yang ke luar angkasa ialahValentina Tereshkova pada Juni 1963 menaiki Vostok 6 berkebangsaan Rusia.

Alan Shepard menjadi orang Amerika dan pemimpin astrnot ke luar angkasa pada 5 Mei 1961. Wanita Amerika pertama ke luar angkasa ialah Sally Ride yang menaiki pesawat luar angkasa Chalenger misi STS-7 pada 18 Juni 1983.

Misi pertama yang pergi ke orbit bulan ialah Apollo 8 yang dipandu oleh William Anders. Dia lahir di Hong Kong dan menjadi orang Asia pertama menjadi antariksawan pada 15 Oktober 2003. Yang Liwei menjadi rakyat China pertama menjadi antariksawan menggunakan pesawat Shenzhou 5.

Russia melaksanakan program Intercosmos telah membenarkan banyak orang-orang dari negara-negara sosialis pergi ke luar angkasa. ContohnyaVladimir Remek menjadi orang Czech pertama ke luar angkasa menjalankan roket Russia, Soyuz. Pada 23 Julai 1980, Pham Tuan menjadi orangVietnam pertama menjadi orang Asia Tenggara ke luar angkasa menggunakan Soyuz 37. Pada 1980, rakyat Kuba bernama Arnaldo Tamayo Méndezmenjadi orang keturunan Afrika pertama ke luar angkasa. Sedangkan kelahiran Afrika pertama yang ke luar angkasa ialah Patrick Baudry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s