Setahun, Afganistan Dapat 6.000 Serangan Pemberontak

Setahun, Afganistan Dapat 6.000 Serangan Pemberontak

Dalam rentang waktu setahun penanggalan Afganistan, tercatat 6.000 lebih serangan pemberontak terjadi di Negeri Para Mullah itu. Kementerian Dalam Negeri Afganistan merilis data termutakhir pada Senin (18/3/2013) sebagaimana warta AP. Penanggalan tahun Afganistan berjangka waktu mulai 20 Maret 2012 sampai dengan 20 Maret 2013. Tahun ini, angka tahun tercatat 1391.

Menurut Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan Siddiq Seddiqi serangan pemberontak itu meliputi serangan bom, bersenjata, dan peledakan bom pinggir jalan. “Jumlahnya sebetulnya di atas 6.300 serangan,”katanya di Kabul.

Pihak kementerian itu juga mengatakan ada 4.600 anggota pemberontak, termasuk militan Taliban, terbunuh dalam operasi keamanan selama periode itu. “Lebih dari 980 anggota militan terluka dan 6.700 orang lainnya ditangkap,”imbuh Siddiq Seddiqi.

Seddiqi yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Juru Bicara Pasukan Bantuan Internasional (SAF) Brigadir Jenderal Gunter Katz menambahkan kalau Pasukan Keamanan Nasional Afganistan (ANSF) menunjukkan kemajuan dalam menjaga keamanan di Afganistan.

Lebih lanjut, data itu juga menunjukkan dalam periode tersebut ada 1.800 polisi Afganistan yang tewas dalam serangan pemberontak. Lalu, jumlah polisi Afganistan yang terluka dalam serangan-serangan macam itu ada 3.000 orang. “Angka ini naik 15 persen ketimbang periode sebelumnya,”kata Siddiq Seddiqi.

 sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s