Robot – Robot Tercanggih

Robot adalah alat yang diciptakan manusia yang bisa dikendalikan lewat pantauan manusia atau dengan cara komputerisasi. Robot juga dapat mengemban tugas manusia secara fisik dan tentunya memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Walaupun tidak kecerdasannya tidak bisa disamakan dengan manusia, tapi robot  bisa dibilang memiliki kecerdasan yang tinggi. Dan berikut adalah robot tercanggih dan terpintar versi InforMen.

Asimo
115634_asimo-1a

Asimo adalah kependekan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot ini diperkenalkan pertama kali oleh Honda di tahun 2000. Ia didesain dapat beradaptasi di dunia nyata dan mampu berjalan dengan kedua kakinya.

Asimo bisa mengenali obyek bergerak, suara dan wajah manusia. Matanya berupa dua buah kamera untuk mendeteksi lingkungan serta menentukan jarak atau arah ke suatu tempat. Asimo bisa mengikuti seseorang dan mengintrepretasi perintah suara serta gerakan tangan. Jadi dia bisa merespon jika ada yang ingin menjabat tangannya.

Saffir 

   
Saffir adalah robot yang bekerja seperti layaknya pemadam kebakaran. Saffir dilengkapi dengan perangkat sensorik ganda, termasuk kamera video, sensor gas, dan kamera inframerah stereo yang akan memungkinkan untuk melihat melalui asap. Tubuh bagian atas robot akan mampu mengoperasikan peralatan pencegah kebakaran dan melempar teknologi agen berpeluncur pemadam (PEAT) granat. Tubuhnya lebih rendah akan bisa berjalan ke segala arah, langkah rintangan, dan menjaga keseimbangan di laut pitching, berkat enam sumbu gaya / torsi sensor pada kaki.

Berat akan diminimalkan dan didistribusikan oleh struktur aluminium pusat, bersama dengan mata air titanium pada sendi. Baterai harus memungkinkan untuk sekitar 30 menit laga pemadam kebakaran.

Robot Astronot NASA

robot astronot nasa

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, akan mendapatkan awak baru di luar angkasa. Astronot baru NASA ini unik, karena dia bukan manusia, tapi robot yang menyerupai manusia.Robot ini akan dikirim ke luar angkasa tahun ini. Astronot robot bernama Robonaut 2 atau R2 akan menjadi penghuni tetap stasiun luar angkasa internasional. Astronot robot ini merupakan proyek kerjasama antara NASA dengan General Motors (GM)– perusahaan mobil asal Amerika Serikat.Spesifikasi R2 tak sembarangan. Dia harus bisa menjadi asisten dan bekerja bersama manusia, baik astronot di luar angkasa maupung pekerja GM di Bumi. Robot R2 seberat 300 pon itu terdiri dari kepala, badan, dengan dua lengan dan dua tangan. R2 akan diluncurkan bersamaan dengan peluncuran pesawat ulang alik Discovery , sebagai bagian dari misi STS-133 yang direncanakan September mendatang. Sementara R2 mengangkasa, para insinyur di Bumi akan terus memonitor kerja robot tersebut di ruangan tanpa bobot.Untuk sementara, aktivitas R2 akan dibatasi di laboratorium Destiny. Namun, di masa mendatang, dengan modifikasi tambahan, akan memungkinkan robot ini bekerja lebih luas, di luar atau di dalam kompleks stasiun luar angkasa. “Proyek ini mewujudkan janji bahwa di masa depan, robot bisa bekerja di luar angkasa maupun di Bumi. Tak hanya untuk menggantikan manusia, tapi juga bekerja bersama manusia,” kata Direktur Sistem Eksplorasi NASA Washington, John Olson, sperti dimuat laman NASA. “Gabungan potensi robot dan manusia, akan memungkinkan kita untuk pergi jauh, mencapai lebih dari apa yang mungkin bisa kita bayangkan hari ini. Tak hanya bentuknya yang seperti manusia, R2 juga mirip cara kerja manusia, bahkan bisa menggantikan manusia dalam tugas-tugas berbahaya.Untuk saat ini, R2 masih berbentuk prototipe dan tidak memiliki perlindungan yang memadai untuk ada di luar stasiun ruang angkasa dalam temperatur ekstrim

HRP-4C

“Halo semua, saya cybernetic manusia HRP-4C,” kata fashionista futuristik, membuka media perdana nya di National Institute of Advanced Industri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di luar Tokyo. Mereka kemungkinan akan menjadi kata-kata terakhir penemu dia mendengar sebelum dia tersedak kehidupan dari mereka. Wajah robot mode adalah fitur yang dirancang untuk menyesuaikan karakter anime populer, seperti hidung kecil dan mata membesar, dia memberikan wajah manga-terinspirasi untuk pergi dengan tubuh metalik nya.

Berdiri pada 158 cm tinggi dan berat di di 43 kilogram, robot model menggunakan 42 gerak on-board monitor untuk meniru gerakan model fashion kehidupan nyata, seperti membungkuk sementara muntah keluar makan siang mereka. Sedangkan pada layar untuk kamera selama debutnya, HRP-4C mampu flash senyum cerah, pemogokan pose dan bahkan cemberut bibirnya. Ada satu kesalahan Namun yang terjadi ketika sensor suara HRP-4C’s pengakuan mengangkat suara terlalu banyak konflik selama demonstrasi, membimbingnya untuk mencampur ekspresi wajah. Hei, setidaknya dia tidak menarik keluar 9mm dan mulai meminta lokasi dari salah satu John Conner.

Jadi apa yang selanjutnya? Nah, para desainer berencana memamerkan robot mereka pada fashion show di Tokyo pada tanggal 23, dan dari sana, siapa tahu, tapi dugaan kami adalah bahwa salah satu teknisi laboratorium akan boning hal pada akhir minggu. Dengan tag harga $ 3 juta, hanya menganggap pengawalan paling mahal Anda tidak akan pernah membayar.

Robot Pelayan

Anda yang berkeluarga dan memiliki pembantu pasti lah memiliki harapan untuk mendapatkan pembantu rumah tangga yang setia, tidak mudah cape dan menurut. Ada jawaban untuk kebutuhan satu ini yaitu sebuah ROBOT.
Ada robot baru yang cukup canggih sehingga bisa melakukan beberapa hal yang biasa dilakukan pembantu rumah tangga. Biasanya robot hanya berfungsu untuk 1 macam, tetapi kali ini robot satu ini lebih canggih karena bisa mencuci gelas, piring serta membersihkan lantai dengan vacuum cleaner.

Robot ini bisa belajar mencuci macam-macam perabot rumah tangga, baik panci, gelas, atau piring karena para periset Universitas Tokyo telah melengkapinya dengan simulasi video game serta human motion capture untuk robot ini. Robot ini juga telah dilengkapi sensor untuk mengenali lingkungannya sehingga dapat bergerak bebas serta tak ketinggalan sarung tangan anti air supaya robot ini tidak rusak kena air.

NEO.

para pecinta robot pasti kenal dengan si lincah yang hoby main bola ini, selama ini dikenal sebagai model robot humanoid yang cukup komprehensif. Sejak Sony menghentikan proyek robot anjing Aibo beberapa waktu lalu, komunitas robotik memilih Nao menjadi model. Misalnya dalam kegiatan kompetisi sepakbola robot RoboCup Soccer yang digelar secara rutin.

“Dengan pengalaman mengembangkan sistem embedded selama lima tahun, kami ingin berbagi middleware, core communication library, tools pengembangkan lintasplatform, dan modul-modul esensial buatan kami kepada para periset, pengembang, dan proyek-proyek baru dalam dunai robot humanoid,” kata Bruno Maissonier, pendiri dan CEO Aldebaran dalam siaran pers yang dilansir situs Spectrum, IEEE, pekan lalu.Di Indonesia, distribusi robot Nao dilakukan melalui World Robotic Explorer di Menara Thamrin. Konon, satu buah robot dibanderol sekitar Rp 300 juta.

5 thoughts on “Robot – Robot Tercanggih

  1. In my friend’s web blogs they already have provided me on the website rolls, but mine usually is located at the bottom on the listing and does not selection when I place as it does for some individuals. Is this a placing that I have to difference or is this a choice they may have considered? . ccekadcddebd

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s