Hologram Portable Computer

Dunia teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Manusia-manusia di dunia pun semakin kreatif dalam menciptakan inovasi yang akan berguna bagi kelangsungan hidup di dunia. Beberapa perusahaan-perusahaan teknologi pun berlomba-lomba meluncurkan produk-produk terbarunya untuk menarik perhatian konsumen.

 

Beberapa inovasi ICT yang sangat digemari saat ini adalah televisi 3D serta tablet PC. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sangat membutuhkan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan kita, mulai dari anak-anak untuk mengerjakan tugas sekolah, mahasiswa, sampai yang bekerja di kantor sekalipun. Oleh karena itu tidak heran jika tablet PC begitu digandrungi oleh berbagai kalangan usia, karena kepraktisannya yang mudah dibawa kemana-mana serta ukurannya yang kecil namun disertai fasilitas layar sentuh (touch screen).

Namun, perkembangan komputer tidak berhenti sampai disini saja. Di saat semua orang masih terkagum-kagum dengan tablet PC, seorang designer asal Korea bernama Seungha Yoo justru tidak merasakan hal yang serupa. Saat ini, Seungha sedang dalam proyek perancangan komputer masa depan yang akan dinamakan M-Gram Portable Computer. Komputer masa depan dengan konsep yang mengagumkan ini akan menggunakan elemen dan teknologi komputer terbaru dan tidak lagi menggunakan elemen serta teknologi komputer yang kita gunakan sekarang ini.

Mengapa dinamakan M-Gram Portable Computer? Untuk masa depan, ternyata Seungha Yoo menciptakan komputer dengan sistem hologram. Ukurannya yang diperkirakan lebih kecil 8cm daripada ukuran smartphone pada umumnya ini dirancang dengan sangat unik. Dimensinya yang sangat mini memudahkan kita untuk membawanya kemana saja. Selain itu, tampilan dari M-Gram Portable Computer menggunakan tampilan layar komputer yang berteknologi 3D hologram.

Menurut International Business Machines (IBM), salah satu perusahaan komputer terbesar di dunia, untuk mewujudkan komputer hologram ini tidak mustahil, karena teknologi hologram memang sedang dikembangkan dan diperkirakan akan diluncurkan dalam jangka waktu 5 tahun. Teknologi hologram dianggap akan sangat berguna dalam industri komputer.

 

            Dalam pengoperasiannya, M-Gram Portable Computer akan dilengkapi dengan proyektor hologram dan kamera sensor gerak (motion sensitive camera). Kelebihan dari M-Gram Portable Computer adalah penggunaan sistem induksi elektromagnetik. Sistem ini akan memudahkan penggunanya untuk men-charge gadget-nya, karena cukup dengan meletakkan di atas charger-nya saja. Charger M-Gram Portable Computer juga sangat ramah lingkungan, karena menggunakan panel surya. Selain itu, apabila baterai M-Gram Portable Computer sudah penuh dan siap untuk digunakan, akan ada lampu LED berwarna hijau yang memberikan tanda bagi penggunanya. Kecanggihan M-Gram Portable Computer yang lainnya adalah untuk menghubungkannya dengan perangkat multimedia lain, seperti kamera, komputer, dan speaker dapat menggunakan akses bluetooth, sehingga tidak memerlukan kabel penghubung lagi (wireless).

Dari spesifikasi M-Gram Portable Computer, dapat disimpulkan bahwa komputer pada masa depan akan sangat canggih dibandingkan dengan sekarang. Bentuknya yang praktis dan futuristik tentu akan menarik perhatian para pecinta gadget. Dengan sistem hologram yang dimiliki M-Gram Portable Computer, keyboard yang digunakan tidaklah berbentuk fisik lagi, melainkan virtual. Hal ini tentu saja menguntungkan kita, karena tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menggunakannya. Keyboard virtual ini cukup diproyeksikan ke permukaan yang datar dan kemudian dapat digunakan seperti keyboard pada umumnya.

Dengan kamera sensor gerak (motion sensitive camera), segala gerakan tangan kita terhadap M-Gram Portable Computer akan terdeteksi dengan mudah. Selain itu, sistem hologram ini juga berfungsi layaknya komputer layar sentuh (touch screen), karena untuk menggunakan keyboard dan mengaktifkan suatu aplikasi di dalamnya, kita akan menggunakan jari tangan kita sendiri dengan merngarahkannya pada aplikasi yang diinginkan. Hal ini membuat para penggunanya tetap merasa nyaman juga pada saat mengetik dengan keyboard virtual.

Nilai tambah dari M-Gram Portable Computer adalah pada saat penggunaan GPS, tampilan dari GPS dapat langsung kita proyeksikan pada objek di depan kita. Sehingga dari proyektor hologramnya, akan muncul penunjuk arah atau objek. Contohnya saja, ketika kita berada di persimpangan dan kemudian memproyeksikan GPS yang ada pada M-Gram Portable Computer, akan muncul penanda seperti caférestaurantbanktaxi, dan lain-lain. Kecanggihan ini tentu saja sangat berguna bagi para pengguna yang sedang bepergian ke luar negeri dengan bahasa yang berbeda, misalnya, sehingga tidak akan tersesat dalam perjalanan.

Kemudian, M-Gram Portable Computer juga dapat digunakan untuk melakukan video call, namun dengan sistem yang lebih canggih tentunya. Kita hanya perlu meletakkan M-Gram Portable Computer di atas meja di hadapan kita, lalu tampilan video dari lawan bicara kita akan berada tepat di atas M-Gram Portable Computer. Hal ini mungkin sering kita lihat dalam film-film hollywood, namun dengan teknologi yang semakin canggih, gadget ini juga dapat segera kita gunakan. Fitur lain dari M-Gram Portable Computer adalah untuk membuka e-mail, mengaturschedule, menampilkan gambar, foto, dan video, serta aplikasi hiburan lainnya.

Perkembangan teknologi komputer dari zaman ke zaman memang terasa sangat cepat dan menakjubkan. Namun, diharapkan agar inovasi-inovasi yang akan ada di masa yang datang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan berdampak positif terhadap lingkungan sekitar. Perkembangan teknologi juga diharapkan semakin ramah lingkungan, sehingga tidak akan merusak bumi, tempat tinggal kita.

sumber

11 thoughts on “Hologram Portable Computer

  1. Ping balik: The Future Of IT | Safitri Ariyanti

  2. Ping balik: Teknologi Informasi Masa Depan | vendania's blog

  3. Ping balik: Teknologi Hologram | hadimuhamadrizal09

  4. The Internet is a great place to launch entrepreneurial efforts. People have made money by creating useful products and functional websites, while others have found ways to make money in creative and interesting, yet strange, ways. Here is a sampling of some unusual online commerce.

    Suka

  5. Excellent blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers? I’m hoping to start my own blog soon but I’m a little lost on everything. Would you recommend starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many choices out there that I’m totally overwhelmed .. Any tips? Thanks!

    Suka

  6. Nice post. I used to be checking constantly this weblog and I am impressed! Extremely useful information specially the closing part🙂 I care for such info much. I used to be looking for this particular info for a very long time. Thanks and best of luck.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s